Cara membuat aquascape untuk pemula


          Apa jadinya jika kita ingin memiliki sebuah aquascape tapi kita tidak tahu cara membuatnya?,,tidak lucu bukan jika nantinya kita membeli semua kebutuhan aquarium, eh ternyata salah beli kebutuhan, tentunya hal ini akan membuat kantong kita terkuras untuk hal yang tidak di perlukan.

Oke sebelum kita masuk ke pembahasan inti, saya akan sedikit mengingatkan kembali apa sih aquascape itu?, aquascape merupakan seni menyusun tanaman air,kayu dan batu di dalam sebuah aquarium secara alami, seni aquascape pertama kali di populerkan oleh seorang penghobi aquarium asal Jepang yang bernama Takashi Amano pada tahun 1990, untuk lebih lengkapnya tentang apa itu aquascape bisa lihat disini Perkenalan dengan aquascape  .
Nah... setelah kita tahu apa itu aquascape, lalu bagaimana sih cara membuatnya ?, oke langsung saja simak di bawah ini .

Oke yang pertama siapkan alat dan bahan :

  1. Aquarium ukuran 60cm x 30 cm x 30 cm (bisa ukuran lain)
  2. Filter ( Jenis-jenis filter untuk aquascape )
  3. Hardscape (kayu atau batu)
  4. Substrat (pasir malang/silika/soil)
  5. Tanaman
  6. Pupuk dasar
  7. Pinset aquascape (optional)
  8. Lampu ( Jenis lampu untuk aquascape )
Oke setelah setelah kita persiapkan alat dan bahan dalam pembuatan aquascape, selanjutnya kita masuk ke tahap-tahap pembuatannya .

  • Step Pertama

         
         Siapkan aquarium kaca atau acrylic ukuran 60x30x30cm atau yang bervolume sekitar 60L, mengapa saya menyarankan menggunakan aquarium dengan ukuran di atas ?, yaitu karena jika menggunakan aquarium yang lebih kecil, maka perawatan akan semakin sulit karena parameter air yang mudah berubah selan itu juga penataan layout akan susah karena ukurannya kecil, letakan aquarium di tempat yang kamu inginkan.
Setelah kita menyiapkan aquarium dan meletakan di tempat yang kita inginkan, selanjutnya kita pasang peralatan-peralatan aquascape seperti lampu, filter , dan lain-lain, loh mengapa kita pasang sekarang?, bukannya nanti malah membuat kita kesusahan dalam membuat layout aquascape?. Ya memang cara ini tidak umum di lakukan, tetapi langkah ini bertujuan agar layout kita nantinya tidak terganggu dengan peralatan yang kita pasang. Contoh kasus seperti ini, saat anda menyusun layout dalam kondisi peralatan aquascape belum di pasang, dan anda pun akhirnya telah menyelesaikan penyusunan layout tersebut. Saat anda akan memasang peralatan seperti filter atau lainnya, eh ternyata ruang untuk memasang filter tersebut terhalang hardscape misalnya, sehingga kita harus merubah susunan layout lagi, hal itu membuat kita kerja dua kali bukan?, selain itu juga layout yang sudah di rasa bagus harus berubah lagi, maka dari itu saya sarankan menggunakan langkah ini. Setelah sudah di rasa mantap maka kita akan masuk ke langkah selanjutnya.

  • Step Kedua



         Langkah selanjutnya yaitu taburkan pupuk dasar di bagian paling dasar dari aquarium kurang lebih setebal 1cm, lalu lapisan kedua taburkan pasir malang atau pasir silika di atas pupuk dasar 2-3 cm, jika kamu punya budget lebih, bisa membeli soil untuk lapisan paling atas sekitar 2-3 cm, tapi jika kamu ingin menggunakan soil maka lapisan kedua tadi gunakanlah pasir malang. baca kelebihan soil di sini Jenis-jenis substrat untuk aquascape

  • Step Ketiga


        Selanjutnya atur hardscape(kayu atau batu), untuk step ini kita membutuhkan kesabaran ekstra kerena kamu harus menata hardscape sedemikian rupa sesuai dengan konsep yang sudah kamu rencanakan, kamu bisa menggunakan hardscape batu saja (iwagumi style) atau kayu dan batu (natural style). baca  jenis gaya aquascape disini perkenalan dengan aquascape . Setelah kita menata hardscape selanjutnya basahi substrat sampai air menggenang sedikit di atas substrat, cara membasahi substrat bisa dengan di semprot dengan semprotan burung atau yang lain yang penting tekanan airnya tidak merusak substrat kita, langkah ini bertujuan untuk memudahkan proses penanaman nanti.

  • Step Keempat


        Yak setelah penataan hardscape sudah di rasa mantap, maka proses selanjutnya yaitu penanaman, mulailah menanam tanaman yang sudah di persiapkan sebelumnya, tanamlah tanaman sesuai dengan konsep yang sudah di rencanakan sebelumnya, semprotlah tanaman untuk menjaga tanaman tetap basah, untuk memudahkan proses penanaman sebaiknya gunakanlah pinset khusus untuk aquascape, terutama saat menanam tanaman-tanaman yang berukuran kecil seperti montecarlo atau hairgrass. Baca juga tanaman mudah aquascape pemula

  • Step Kelima

          Setelah semua langkah dilakukan, yang terakhir adalah isi air sampai penuh, untuk mengisi air gunakanlah mangkuk yang diletakan di dalam aquascape kita lalu tuangkan air di atas mangkuk tersebut atau dengan cara menebrakan air ke kaca aquascape, ini bertujuan agar air mengalir ke substarat secara perlahan sehingga tidak merusak substrat dan penataan hardscape kita, di awal pengisian air mungkin akan berkabut airnya atau tidak jernih airnya, namun nanti akan jernih sendiri setelah beberapa jam.

Setelah semua langkah telah dilakukan, kamu tinggal harus merawat dan menunggu aquascape kita menjadi mature dan rimbun daunnya, sebuah aquascape akan mature dan terlihat indah setelah beberapa bulan, seperti gambar di bawah



Yak mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini, contoh cara pembuatan aquascape di atas merupakan cara pembuatan aquascape yang pada umum dilakukan, mungkin sebagian orang mempunyai step atau langkah pembuatan yang sedikit berbeda, mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, semoga bermanfaat.

9 Responses to "Cara membuat aquascape untuk pemula"

  1. thanks infonya, biar ga bosen nih sama aksesoris akuarium yg begitu2 aja hehe.

    ReplyDelete
  2. wah luar biasa cantik banget saat rumpunya rimbun, hobi yang berseni banget nih.. biasanya berapa biaya yang di keluarkan untuk membuat aquascape pemula gan ?

    ReplyDelete
  3. Lagi trend nih. ane pengen buat. thank ya,,.

    ReplyDelete
  4. Siip sangat berguna gan, izin praktek buat aquascape

    ReplyDelete
  5. bagus gan.. langkah2 nya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  6. Saya dulu punya aquarium yang ukurannya besar sekutar 1m kali 40 cm kali 50 cm gan, tapi polos dan isi ikan tanpa ada hiasan...

    Nah mumpung ada tutor aquascape ini, mungkin saya akan ngehidupin aquariumnya lagi...

    Thanks gan buat panduannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel